Contoh Pidato | Materi Kelas 9



Contoh Pidato
GLOBAL WARMING
Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
 Hadirin sekalian yang saya hormati Bapa Kepala Sekolah, guru-guru dan pengurus sekolah dan juga teman-teman yang saya sayangi dan cintai.
Pada kesempatan ini marilah kita mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkatnya yang telah mengizinkan kita untuk berkumpul di sini.
Pada kesempatan ini saya akan mengajak bapak dan ibu guru serta teman-teman sekalian untuk mulai mencintai dan memperdulikan keadaan bumi kita, khususnya Negara kita Indonesia. Seperti yang kita ketahui sekarang bahwa Indonesia mulai sering mengalami masalah dengan alam yang tak lain merupakan akibat dari global warming atau pemanasan global.
Global warming bukanlah hal yang baru lagi. Hal itu sudah menjadi konsumsi publik akhir-akhir ini. Namun hanya beberapa masyarakat yang benar-benar sadar dan peduli dengan akibat dari global warming ini. Pemanasan global timbul karena adanya efek rumah kaca yaitu proses dimana cahaya matahari menembus kaca dan dipantulkan kembali oleh benda-benda dalam ruangan rumah kaca sebagai gelombang panas yang berupa sinar infra merah. Namun gelombang panas itu terperangkap di dalam ruangan kaca serta tidak bercampur dengan udara dingin di luarnya. Akibatnya, suhu di dalam rumah kaca lebih tinggi daripada di luarnya.
Pemanasan global dapat menyebabkan iklim secara ekstrim yang bisa membuat para petani bingung memilih mana musim yang baik untuk panen dan mana yang tidak. Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan. Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat. Beberapa tipe spesies yang tidak mampu secara cepat berpindah menuju kutub mungkin juga akan musnah.
Pemanasan global juga dapat menyebabkan mencairnya es di kutub utara yang menyebabkan permukaan air laut naik beberapa cm pertahun, dan itu bisa berdampak buruk bagi kelestarian pulau-pulau kecil di negara kita Indonesia.
Namun global warming dapat kita hindari. Kita dapat mencegahnya dengan cara menghemat energi baik energi listrik maupun energi air, mencintai lingkungan mulai dan membuang sampah pada tempatnya, melestarikan pohon misalnya mulai menghemat kertas dan tissue, Penghutanan kembali yang berperan dalam mengurangi semakin bertambahnya gas rumah kaca mengurangi polusi udara dengan mulai menghindari penggunaan kendaraan bermotor secara berlebihan. Dan mengurangi penggunaan plastik karena bahan plastik baru bisa terurai setelah ratusan tahun.
Oleh karena itu, demi keselamatan kita bersama marilah kita mulai turut berpartisipasi dalam gerakan-gerakan anti global warming ataupun mulai dari diri kita sendiri demi kelangsungan anak cucu kita nanti.
Atas seluruh perhatian dari teman-teman dan guru-guru, saya ucapkan terima kasih. Mulai sekarang mari kita jaga dan rawat bumi kita ini dengan sebaik-baiknya.
Wassalamualaikum warahamatulahi wabarakatuh.
PENYALAHGUNAAN NARKOBA
    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta Staff Tata Usaha
Serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama - tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat-Nya pada kita sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini dalam kondisi sehat. Tak lupa sholawat dan salam selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW.
Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan bahwa saat ini peredaran Narkoba telah banyak terjadi  dan penyebaranya hingga ke anak – anak muda di seluruh daerah di Indonesia.
Akhir-akhir ini, kita sedang dihadapkan pada suatu wacana tentang narkoba yang mengkhawatirkan. Jumlah pelaku penyalahgunaan narkoba makin tak terbendung karena ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. Padahal kita tahu bahwa narkoba merupakan salah satu barang terlarang dan berbahaya jika dikonsumsi. Dampak dari penggunaan narkoba dapat kita rasakan seperti berubahnya perilaku secara drastis, munculnya gangguan kesehatan, tindak kriminalitas, kekerasan, dan sebagainya.
Aksi penyalahgunaan narkoba pada dasarnya dapat dicegah melalui sosialisasi, mengikuti kegiatan sosial dan bermanfaat, tidak bergaul dengan pengedar maupun pengguna serta tidak gampang tergiur untuk mencoba.
Seperti yang diberitakan di media bahwa jumlah mayoritas pengguna narkoba adalah remaja serta anak-anak sekolah. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sekolah berusaha memberikan arahan pada para siswa mengenai bahaya menyalahgunakan narkoba melalui diskusi, arahan dari guru Bimbingan Konseling serta program razia yang dilakukan secara rutin oleh pihak sekolah. Tentu para pelaku penyalahgunaan narkoba dapat menyiasati program sekolah tersebut. Mereka selalu mengusahakan berbagai cara agar tidak ketahui. Tapi karena sifat narkoba yang membuat kecanduan, tentu anak pemakai narkoba dapat terdeteksi dari tingkah lakunya di sekolah.
Oleh karena itu, mari kita hindari dan jauhi narkoba, karena akan merusak masa depan bangsa. Tugas kita sebagai pelajar adalah belajar, menuntut ilmu hingga dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara. Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, apabila ada salah baik bertindak maupun bertutur kata, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
    Akhir kata, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


follow ig : - fadhil.ig
                 - fadhil13_
                 - neon_seventeen
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan Khas Bugis | Kaddo Boddong